Jumat, 21 Oktober 2016

BAB 1 LANDASAN PENDIDIKAN



Muhammad Ade Ezhar
1505561
IEKI-A 2015
BAB 1 LANDASAN PENDIDIKAN
Sebelum membahas lebih jauh tentang Landasan Pendidikan kita perlu mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian pendidikan itu sedniri. Pendidikan adalah proses perubahan dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan (KBBI Online).
Dan didalam pendidikan itu ada 2 keterkaitan, yaitu studi pendidikan dan pendidikan praktek, studi pendidikan adalah kegiatan individual yang bertujuan memahami suatu prinsip, konsep dan teori pendidikan, praktek pendidikan adalah kegiatan pendidikan yang bertujuan membantu pihak lain agar mengalami perubahan tigkah laku yg diinginkan.
Landasan Pendidikan adalah tumpuan atau teori yang dijadikan pembahasan pendidikan, landasan itu sendiri dapat diklasifikasikan menjadi 2, yaitu :
1. Landasan yang bersifat fisik ( mengarah pada wujud fisik)
2. Landasan yang bersifat konseptual ( mengarah pada suatu konsep, teori, dan prinsip)
Jenis-jenis Landasan Pendidikan
 memiliki berbagai gambaran sebagai berikut :
a.      Manusia dan Pendidikan
Maksudnya adalah manusia sebagai makhluk yang harus perlu didiik dan mendidika, manusia kuga sebagai makhluk yang dapat dididik dan mendidik, serta pendidikan sebagai humanisasi.
b.      Pengertian Pendidikan
Merumuskan pengertian pendidikan dipandang dari berbagai sudut berdasarkan (1) Ruang lingkup, (2) Pendekatan ilmiah, (3) Pendidikan sistem.
c.       Pendidikan sebagai Ilmu dan Seni
Pendidikan sebagai ilmu terarah pada bagaimana melaksanakan studi dan praktek pendidikan tentang ilmu kependidikan pada bahasan ini diungkap tentang pentingnya status keilmuan pendidikan. Pendidikan sebagai seni terarah bagaimana penerapan hasil studi pendidikan dalam praktek pendidikan.
d.      Landasan Filosofis Pendidikan
Merupakan sebuah aplikasi metode filosofis dalam memecahkan masalah-masalah pendidikan.


e.      Landasan Pendidikan Psikologis
Berfungsi untuk mengetangahkan tugas-tugas pokok perkembangan dan upaya proses pendidikan.
f.        Landasan Sosiologis dan Antropologiss Pendidikan
Antropologi :  dalam pendidikan berkaitan dengan kehidupan manusia sebagai organism social budaya, Sosiologis : dalam pendidikan mengkaji gejala dari hubungan-hubungan social atau hubungan timbale balik antara gejala-gejala social.
g.      Landasan Historis Pendidikan
Uraian sejarah pendidikan pada Landasan Historis PEndidiakn dimulai dari pendidikan zaman Hindu/Budha sampai pendidikan pada zaman perkembangan orde baru.
h.      Landasan Yudiris Pendidikan
Merupakan sumber-sumber hukum yang dijadikan pijakan dalam pelaksanakan pendidikan bersumber dari Undang-Undang sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003, Peraturan Pemerintah RI No. 19 tahun 2005, UU RI No. 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen.

Fungsi Landasan Pendidikan

Manfaat dari mempelajari pendidikan antara lain :
1.      Dapat mengetahui konsep dalam melaksanakan praktek pendidikan, sehingga dapat memahami pandangan pendidikan yang bersifat teoritis
2.      Dapat mengenal dengan kritis dengan pandangan teori pendidikan sehingga dapat memilah dan menentukan teori pendidikan yg dapat dikembangkan dalam pelaksanaan pendidikan.
3.      Memberikan kontribusi pada pola piker dan pola kerja calon pendidik tentang bagaimana seharusnya melaksanakan studi dan praktek pendidikan.
4.      Dapat lebih meyakini dengan konsep,prinsip,dan teori pendidikan yang dipelajarinya dalam pelaksanaan pendidikan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar