Muhammad
Ade Ezhar
1505561
IEKI-A 2015
1505561
IEKI-A 2015
BAB
1 LANDASAN PENDIDIKAN
Sebelum membahas lebih jauh tentang
Landasan Pendidikan kita perlu mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian
pendidikan itu sedniri. Pendidikan adalah proses perubahan dan tata laku seseorang
atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran
dan pelatihan (KBBI Online).
Dan didalam pendidikan itu ada 2
keterkaitan, yaitu studi pendidikan dan pendidikan praktek, studi pendidikan
adalah kegiatan individual yang bertujuan memahami suatu prinsip, konsep dan
teori pendidikan, praktek pendidikan adalah kegiatan pendidikan yang bertujuan
membantu pihak lain agar mengalami perubahan tigkah laku yg diinginkan.
Landasan Pendidikan adalah tumpuan
atau teori yang dijadikan pembahasan pendidikan, landasan itu sendiri dapat
diklasifikasikan menjadi 2, yaitu :
1. Landasan yang bersifat fisik ( mengarah pada wujud fisik)
2. Landasan yang bersifat konseptual ( mengarah pada suatu konsep, teori, dan prinsip)
1. Landasan yang bersifat fisik ( mengarah pada wujud fisik)
2. Landasan yang bersifat konseptual ( mengarah pada suatu konsep, teori, dan prinsip)
Jenis-jenis
Landasan Pendidikan
memiliki berbagai gambaran sebagai berikut :
memiliki berbagai gambaran sebagai berikut :
a. Manusia dan Pendidikan
Maksudnya
adalah manusia sebagai makhluk yang harus perlu didiik dan mendidika, manusia
kuga sebagai makhluk yang dapat dididik dan mendidik, serta pendidikan sebagai
humanisasi.
b. Pengertian Pendidikan
Merumuskan
pengertian pendidikan dipandang dari berbagai sudut berdasarkan (1) Ruang
lingkup, (2) Pendekatan ilmiah, (3) Pendidikan sistem.
c. Pendidikan sebagai Ilmu
dan Seni
Pendidikan
sebagai ilmu terarah pada bagaimana melaksanakan studi dan praktek pendidikan tentang
ilmu kependidikan pada bahasan ini diungkap tentang pentingnya status keilmuan
pendidikan. Pendidikan sebagai seni terarah bagaimana penerapan hasil studi
pendidikan dalam praktek pendidikan.
d. Landasan Filosofis Pendidikan
Merupakan
sebuah aplikasi metode filosofis dalam memecahkan masalah-masalah pendidikan.
e. Landasan Pendidikan
Psikologis
Berfungsi
untuk mengetangahkan tugas-tugas pokok perkembangan dan upaya proses
pendidikan.
f.
Landasan Sosiologis dan Antropologiss Pendidikan
Antropologi
: dalam pendidikan berkaitan dengan
kehidupan manusia sebagai organism social budaya, Sosiologis : dalam pendidikan
mengkaji gejala dari hubungan-hubungan social atau hubungan timbale balik
antara gejala-gejala social.
g. Landasan Historis
Pendidikan
Uraian sejarah
pendidikan pada Landasan Historis PEndidiakn dimulai dari pendidikan zaman
Hindu/Budha sampai pendidikan pada zaman perkembangan orde baru.
h. Landasan Yudiris
Pendidikan
Merupakan
sumber-sumber hukum yang dijadikan pijakan dalam pelaksanakan pendidikan
bersumber dari Undang-Undang sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003,
Peraturan Pemerintah RI No. 19 tahun 2005, UU RI No. 14 Tahun 2005 tentang guru
dan dosen.
Fungsi Landasan Pendidikan
Manfaat dari
mempelajari pendidikan antara lain :
1. Dapat mengetahui konsep
dalam melaksanakan praktek pendidikan, sehingga dapat memahami pandangan
pendidikan yang bersifat teoritis
2. Dapat mengenal dengan
kritis dengan pandangan teori pendidikan sehingga dapat memilah dan menentukan
teori pendidikan yg dapat dikembangkan dalam pelaksanaan pendidikan.
3. Memberikan kontribusi pada
pola piker dan pola kerja calon pendidik tentang bagaimana seharusnya
melaksanakan studi dan praktek pendidikan.
4. Dapat lebih meyakini
dengan konsep,prinsip,dan teori pendidikan yang dipelajarinya dalam pelaksanaan
pendidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar