Muhammad
Ade Ezhar
1505561
IEKI-A
2015
BAB
3 Pengertian Pendidikan
Pengertian
pendidikan itu sangatlah luas banyak para ahli yang memiliki pendapat dan
pengertiannya tersendiri dalam mengartikan Pendidikan, namun didalam
Undang-undang pun telah dijelaskan mengenai pengertian pendidikan. Didalam
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003, disebutkan bahwa
pendidikan adalah usaha sadar dan berencana untuk mewujudkan suasana belajar
dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi
dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri,
kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan
dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara.
Karena
arti dari pendidikan itu sendiri sangatlah luas, maka untuk merumuskan
pengertian pendidikan secara memadai memang kompleks, karena pengertian
pendidikan dapat dipandang dari berbagai bentuk, aspek, unsur, dipandang dari
setiap disiplin ilmudan dasar filsafahnya.
A. Pengertian Pendidikan Berdasarkan Ruang LIngkup
Menurut Redja Mudyahardjo
Pengertian pendidikan berdasarkan ruang lingkup dapat dibedakan menjadi tiga,
yaitu Pengertian Pendidikan Maha Luas, Pengertian Pendidikan Luas Terbatas, dan
Pengertian Pendidikan Secara sempit.
1. Pengertian Pendidikan Maha
Luas
Maksudnya pendidikan adalah hidup-, pendidikan adalah segala pengalaman belajar yang berlangsung dalam segala lingkungan dan pengalaman hidup, pendidikan adalah segala situasi hidup yang mempengaruhi pertumbuhan individu.
Maksudnya pendidikan adalah hidup-, pendidikan adalah segala pengalaman belajar yang berlangsung dalam segala lingkungan dan pengalaman hidup, pendidikan adalah segala situasi hidup yang mempengaruhi pertumbuhan individu.
2. Pengertian Pendidikan
Secara Sempit
Pendidikan adalah pengajaran yang diselenggarakan disekolah sebagai lembaga pendidikan formal. Pendidikan adalah segala pengaruh yang diupayakan sekolah terhadap dan remaja yang diserahkan kepadanya agar mempunyai kemampuan yang sempurna dan kesadaran penuh terhadap hubungan dan tugas social.
Pendidikan adalah pengajaran yang diselenggarakan disekolah sebagai lembaga pendidikan formal. Pendidikan adalah segala pengaruh yang diupayakan sekolah terhadap dan remaja yang diserahkan kepadanya agar mempunyai kemampuan yang sempurna dan kesadaran penuh terhadap hubungan dan tugas social.
3. Pengertian Pendidikan
dalam Arti Luas Terbatas
Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan yang berlangsung disekolah dan di luar sekolah sepanjang hayat untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat memainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tepat dimasa yang akan datang.
Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh keluarga, masyarakat dan pemerintah melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan yang berlangsung disekolah dan di luar sekolah sepanjang hayat untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat memainkan peranan dalam berbagai lingkungan hidup secara tepat dimasa yang akan datang.
B.
Pengertian Pendidikan
Berdasarkan Pendekatan Ilmiah
Sebelum mengetahui
Pendidikan Berdasarkan Pendekatan Ilmiah kita harus mengetahui ciri-ciri dan
pendekatan ilmiah dalam pendidikan itu sendiri.
Ciri-ciri pendekatan
ilmiah dalam pendidikan adalah :
1. Analisis
Menjabarkan
sesuatu hal dalam unsur yang lebih kecil karena dalam pendidikan ada batas
tertentu dipandang dari sudut ilmu tertentu.
2. Deskriptif
Menggambarkan
secara terinsi unsur kependidikan yang menjadi objek penyelidikannya
3. Empiris
Mengungkap
prinsip pendidikan berdasarkan peristiwa yang terjadi dalam pendidikan dengan
menggunakan prosedur kerja yang cermat, terencana, melalui pendirian dan
berdasarkan pikiran yang logis.
4. Mulai dengan suatu asumsi
Suatu pendapat
yang diakui kebenarannya tanpa pembuktian.
Pengertian pendidikian berdasarkan pendekatan ilmiah
adalah suatu kajian keilmuan dari sebuah disiplin ilmu. Artinya dalam
pendidikan berdasarkan pendekatan ilmiah mengkaji seluruh bidang dan fokus
sebuah kajian ilmu.
C. Pengertian Pendidikan Berdasarkan Pendekatan Sistem
Pendidikan dapat dilihat dari keseluruhan aspek input, proses
dan output. Pendidikan adalah keseluruhan yang terintegritasi dari setiap aspek
pendidikan, mulai dari input yang diproses atau ditransformasi oleh
komponen-komponen pendidikan yang berhubungan satu sama lain yang sesuai dengan
fungsinya masing-masing berjalan seiring seirama dalam mencapai tujuan
pendidikan yaitu manusia terdidik yang mempunyai kemampuan kognitif, afektif,
dan psikomotor.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar